Senin, 22 Juni 2009

Lingkungan menentukan keberhasilan


Di suatu kota terdapat seorang anak yang memiliki hobby memelihara serangga. Dia menyimpan serangga-serangganya itu pada suatu kotak serangga, di dalam kotak itu terdapat Seekor belalang yang melompat-lompat di depan teman-temannya dengan bangganya. Belalang itu bangga karena dia bisa melompat lebih tinggi dari pada teman-temannya yang lain. Tiap harinya belalang itu melompat di atas teman-temannya dengan riangnya karena memang tidak ada yang bisa melompat lebih tinggi dari padanya.
Pada suatu ketika anak yang memiliki kotak serangga itu bermain ke sebuah taman yang terdapat berbagai macam serangga. Karena si anak lupa menutup kotak serangganya sehabis bermain, semua serangganya kabur. Belalang yang mampu melompat tinggi itu pun bergembira karena dia bisa melompat lebih luas dari pada hanya di dalam kotak. Ketika belalang itu sedang asyik melompat-lompat, tiba-tiba dia dikejutkan oleh belalang lain yang mampu melompat lebih tinggi darinya. Dengan berusaha dia mengimbangi lompatannya dengan belalang itu tapi tidak terkejar. Lalu dia beristirahat sejenak di ilalang-ilalang yang tumbuh di sekitar taman itu.
Ketika sedang istirahat belalang itu dikejutkan kembali oleh belalang lain yang mampu melompat jauh lebih tinggi lagi darinya dan kebetulan belalang itu hinggap di sampingnya. Lalu dia bertanya pada belalang itu “kenapa kamu bisa melompat lebih tinggi dari pada aku?? Padahal di dalam kotak aku pelompat yang terbaik” lalu belalang taman itu menjawab “karena aku hidup lebih bebas dari pada kamu yang hanya hidup di dalam kotak, sehingga aku sudah terbiasa untuk bisa melompat lebih tinggi dari pada hanya didalam kotak”.
Setelah kejadian itu si belalang menyadari bahwa kehidupan di dalam kotak telah menjadikan hidupnya terbiasa oleh hal-hal kecil yang hanya dibatasi oleh kayu-kayu yang menghalangi lompatan tingginya. Begitupun juga kita, bila kita terbiasa oleh hal-hal kecil maka kita hanya memiliki kemampuan kecil untuk bertanding dengan kehidupan yang lebih luas. Saran saya hijrah lah dari pribadi kecil menjadi pribadi besar,dari lingkungan kecil ke lingkungan lebih luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar